BERUBAH DI DETIK AKHIR;MAHFUD DITOLAK 3 PARPOL;MAKRUF AMIN CAWAPRES JOKOWI;SUDAH DEKLARASI;UAS TGB;

  • Published on: 09 August 2018
  • Kejutan datang di detik-detik pengumuman cawapres Joko Widodo. Setelah Ma'ruf Amin disebut jadi cawapres Jokowi, Mahfud Md mendadak 'hilang'. Ke mana?

    Sejak kemarin, nama Mahfud Md menguat disebut sebagai cawapres Jokowi. Saat dihubungi sore ini, Mahfud mengaku diminta stand by sejak semalam dan menyerahkan CV sebagai cawapres Jokowi pagi tadi.

    Bahkan Mahfud Md sudah menjahit kemeja putih, yang diketahui menjadi ciri khas Jokowi. Saat dihubungi, dia menyebut hal ini adalah panggilan sejarah.


    "Pertama, panggilan sejarah. Saya kan aktivis, ingin terus ada di medan perjuangan," kata Mahfud kepada detikcom, Kamis (9/8/2018).

    Baca juga: Detik-detik Mahfud Md Diminta Jadi Cawapres Jokowi Pagi Tadi


    Sore ini, Jokowi dan ketum-ketum parpol koalisi bertemu di Plataran Menteng. Mereka rapat untuk meneken dokumen capres-cawapres.

    Sementara itu, Mahfud Md juga diketahui berada di sebuah restoran di kawasan Menteng. Lokasinya tidak jauh dari Plataran Menteng.

    Baca juga: 9 Ketum Pro-Jokowi Teken Dokumen Dukungan Capres-Cawapres


    Pantauan detikcom di restoran Tesate, Menteng, pada pukul 17.30 WIB, Mahfud Md sudah tidak terlihat. Di sisi lain, dia tidak ada di rapat koalisi Jokowi.

    Hingga akhirnya pada pukul 17.40 WIB, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding membuat kabar mengejutkan. Dia menyebut cawapres Jokowi adalah Ma'ruf Amin.

    Baca juga: Sekjen PKB: Cawapres Jokowi Ma'ruf Amin


    "Rapat antara Pak Jokowi dan ketum-ketum, sekjen partai pendukung, memutuskan Prof Dr Kh Ma'ruf Amin sebagai calon wapres Pak Jokowi," kata Sekjen PKB Abdul Kadir Karding lewat Twitter, Kamis (9/8/2018). (imk/van)
    cawapres jokowi pilpres 2019 ma''ruf amien cawapres jokowi ma''ruf amin jokowi-ma''ruf amin
  • Runtime : 1:45
  • jokowi makruf amin deklarasi capres cawapres mahfud md Ijtima ulama rekomendasi ulama capres cawapres pilpres 2019 ganti presiden prabowo uas salim segaf gnpf mui jokowi koalisi cawapres jokowi tomi suharto anies baswedan gatot nurmayanto mardani ali neno warisman pks pan gerindra pdip cahyo kumolo pkb megawati cak imin cawapres prabowo pa 212 habib rizieq sihab sepakat ulama demokrat sby ahy tgb ceramah uas tabligh akbar ust abdus somad

COMMENTS: 40

  • Inspirasi News
    Inspirasi News   2 months ago

    Dramatis, Kronologi mahfud md batal cawapres, sudah pake kemeja putih diminta jokowi, klik videonya di link berikut.https://youtu.be/sEexbkDw0x4

  • herru s
    herru s   2 months ago

    bukan masalah anti dan tidak anti ulamaPikir ada apa sebenarnyaSbb Pak Kiai sudah sepuh, pantasnya itu membimbing dan memantau atau menasehati bukanya terjun kelapangan menjadi politisi,Beliau dipilih karna negara butuh atau karna parpol yang butuh sebagai cawapresApakah karna beliau punya umat banyak , biar dapat suara, atau karna Allah untuk memajukan umat Ingat beliau hanya di calonkan sebagai wakil, tetap keputusan adalah sang pemimpin.Sekedar saran bukan berpihak pada yang lainApa bila kalian muslim maaf coba minta petunjuk sama Allah dengan cara sholat istikharah, agar kita tak salah pilih.Sbb baik buruknya negara kita tergantung pilihan kita nanti.Dan juga apa bila beliau menang pemilihan jangan sampe ditinggal diibaratkan Mobil mogok yang butuh didorong setelah hidup langsung jalan tak perduli siapa yang dorong

  • Acim Supriadise
    Acim Supriadise   2 months ago

    Dua pasangan pilpres RI 2019 yg cerdas, dua2nya muslim...insyaallah nanti di akhirat masuk surga...amin!!!! Karena dua-duanya brtujuan sejahterakanbangsa indonedia yg msyoritas ,Islam....

  • Acim Supriadise
    Acim Supriadise   2 months ago

    Dua pasangan pilpres RI 2019 yg cerdas, dua2nya muslim...insyaallah nanti di akhirat masuk surga...amin!!!!

  • ratih Sanggarwati
    ratih Sanggarwati   2 months ago

    pemilihan jokowi kpd ma'ruf amin bukan sejalan hatinya, tapi hatinya di jalankan koalisinya, ini sangat di sayangkan

  • Papah Geming
    Papah Geming   2 months ago

    Memilih pemimpin itu ada tiga kreteria : 1. amanah = Dipercaya, 2. Shiddiq = Jujur, 3. Fathonah = Cerdas. Kalau perkataannya saja sering berdusta, berjanji palsu bagaimana mau jadi pemimpin... !!! #2019HarusGantiPresiden

  • Wicak Wiski
    Wicak Wiski   2 months ago

    yang penting Jokowi presidennya, masalah wapresnya ora urus...

  • kja sduc
    kja sduc   2 months ago

    Nyinyir n kecewa berat pak mahfud diganti eyang makruf amin semoga dikasih kesabaran ya pak mahfud

  • Yayat Hidayat
    Yayat Hidayat   2 months ago

    katanya ulama jangan dibawa bawa keranah politik......eh jilat ludah nya sendiri.pilih ulama. hahahah

  • hamba Alloh
    hamba Alloh   2 months ago

    pak kiai tolong liat umat, kok pak kiai mendukung pemerintahan yg nangkepin ulama, islam adalah rohmatan lil'alamin bukan PBNU aja, kalo gini islam di indonesia bisa kayak di syuriah, dan pihak ke 3 yg tertawa, politik adu domba ini,.... isu PKI bangkit kayaknya bisa terjadi ini...... umat jadi dilema simalakama. "ihdinassirhotol mustaqim" yaa ALLOH.

  • Cotton Bud
    Cotton Bud   2 months ago

    Ha ha ha ,Tega nian.Mahfud MD dikadali Jokowi dan PDIP.

  • Cotton Bud
    Cotton Bud   2 months ago

    Ha ha ha tega nian.Maahfud MD dikadali Jokowi dan PDIP

  • CHANNEL OKEH BACA LAH
    CHANNEL OKEH BACA LAH   2 months ago

    Alhamdulillah,,,Semoga Pak ma"ruf sebagai wapres sekaligus ulama bisa memdampingi dan memberikan solusi yg bijak buat pak jokowi,,,kita butuh sosok ulama sebagai wapres biar ada yg memberingan pandangan yg bijak dan saran Dan masukan buat Pak presiden,,,,,insyaAllah,,,aamiin

  • prast fast
    prast fast   2 months ago

    subscribe channel saya yok yang baik hati wkwk

  • Kopi Epistema
    Kopi Epistema   2 months ago

    Selamat tinggal jokowi, meninggalkan mahfud, kami pun pergi...

  • Ridyy Khansa
    Ridyy Khansa   2 months ago

    pantas dr kubu prabowo gak jd pilih ulama,,,ada yg tau krn apa??krn Prabowo tidak mau mengadu para ulama.. seperti yg terjadi di yaman dan suriah..sangat2 setuju dgn keputusan prabowo.. #2019gantipresiden

  • Yan Imran
    Yan Imran   2 months ago

    Kompromi poiltik kadang ngak sejalan dgn ke inginan, smoga apa yg di tetap kan koalisi di berkahi Allah SWT.

  • Eva Rahmainur
    Eva Rahmainur   2 months ago

    Tidak ada yang lebih saya takutkan dari meninggalnya pak ma'aruf nanti, lalu naiklah penggantinya, siapa itu? ahok. innalillah... semoga Allah jaga Agama dan iman kita untuk tetap berada di jalan Allah, karna sekarang ini sy merasa kita sdh mulai berada di zaman fitnah dajjal, dimana yang benar dan salah sudah sulit untuk di bedakan...Akhir zaman...

  • Arkan Afari
    Arkan Afari   2 months ago

    Gpp lah buat mnangkal isu PKI ke pak jkwi. Klo ada kiyai kn pk jkw bs fokus kerjanya

  • Diki Wahyu
    Diki Wahyu   2 months ago

    Salam duka periode JANGAN MAU TERTIPU MEDIA #TABAYUN

  • Peri Epeng
    Peri Epeng   2 months ago

    saya setuju jadi penumpang kalo kh.ma'ruf amin yg jdi supir ya. jokodo yg yg kendektur ya.. haha

  • Jack 72 Brainen
    Jack 72 Brainen   2 months ago

    Aku senang banget pak Jokowi milih ulama, supaya Pak KH. Maruf Amin sadar dan paham betapa susahnya jadi orang waras di Indonesia ini. Saya ingat waktu KH Mahruf Amin bersidang di kasus Ahok, saat itu semua orang marah dengan Pak Ahok dan pengacara nya. Sampai AAGYM mengatakan ' jangan hina ulama kami, jangan hina guru kami.....'. Nah hari ini ketika Pak Mahruf Amin bersanding dengan Pak Jokowi, banyak yg menghina Pak Mahruf Amin. Kira-kira AAGYM membela gak yah??? Kira- kira masyarakat marah gak yah kalau ulamanya diejek, dibilangin macam-macam yg gak pantas. Terima kasih pak Jokowi saya paham knapa bapak pilih KH Maruf Amin, bukan untuk memecah belah. Tapi untuk menyadarkan saya menjadi orang waras itu susah di negeri ini.

  • ozzi's channel
    ozzi's channel   2 months ago

    Komentar buat ajang sok tau!Sok pinter! Kalo cuma mau manas2in ,ati-ati diciduk.. mendingan diem kaya gua

  • Haqi Achmad
    Haqi Achmad   2 months ago

    KECEWA hrsnya mahfud md atau ahok.cm nyari aman aj dr prabowo-uas...paling gak lama pk kyai kl terpilih bis itu diganti bu mega...kasian.

  • CiLbut da silva
    CiLbut da silva   2 months ago

    bagus yg tua jadi dia ngga bakalan ada pemikikiran untuk korupsi. 2019 tetep golput.

  • the green peacock
    the green peacock   2 months ago

    buat ahoker...move on bro...#2019gantipresiden... https://news.detik.com/berita/4159262/jokowi-pilih-maruf-amin-ahoker-diminta-move-on

  • Theofilus _ns
    Theofilus _ns   2 months ago

    Wkwkwk..komennya lucu2Pada baperan amat sama manuver politik😂😂#belumdewasa#gampangdiprovokasiKalo galau netral aja ngga usah pada ngegas,toh pilpres aja belumSemoga pilpres tahun depan damai karna kita semua satu Indonesia🇮🇩🇮🇩

  • Sihmantoro Antoro
    Sihmantoro Antoro   2 months ago

    Kl debat jkw mati kutu .... mslah stabilitas nasional keamann ,ekonomi...