Cerita M1st1s Sehari sebelum G3mp4 P4lu, 7 Orangtua Aneh Sudah Berikan Peringatan

  • Published on: 09 October 2018
  • Gempa yang mengguncang Palu, Donggala, Sigi dan sejumlah wilayah lain dan disertai tsunami itu kini meninggalkan sejumlah kisah.

    Salah satunya adalah cerita mistis yang berkembang di masyarakat setempat.

    Dalam cerita yang berkembang itu, disebutkan bahwa sejatinya sudah ada peringatan sehari sebelum gempa jelas Maghrib, Jumat 28 September 2018 itu.

    ‘Peringatan’ itu disebutkan datang dari tujuh orang tua yang bersamaan menumpang sebuah angkot.

    Salah seorang tokoh masyarakat Palu yang ditemui Pojoksatu.id, Badri Masyut Yutji (57) mengisahkan, dirinya mendengar cerita mistis yang dikisahkan seorang sopir angkot.

    Ia menjelaskan, ia mendapat cerita itu hanya sehari sebelum gempa mengguncang.

    Badri membeberkan, sang sopir angkot itu bercerita dirinya mendapat pengalaman aneh.

    Saat itu, si sopir angkot mendapat tujuh penumpang orang tua.Katanya ketujuh orang tua itu berpenampilan aneh. Mereka berdebat sepanjang jalan di dalam angkot,” ujar Badri.

    Sayangnya, kata dia, si sopir tak mengetahui persis apa yang sedang diperdebatkan oleh tujuh orang tua tersebut.

    Pasalnya, selama berdebat, ketujuh orang tua itu berdialog dengan menggunakan Bahasa Unde (Bahasa Suku Kaili, penduduk asli Palu).

    Tapi yang membuat sopir angkot itu terkejut adalah ketika ketujuh orang tua itu minta diturunkan di Jembatan Kuning Palu atau Jembatan Ponulele.

    “Ketika turun itu, salah seorang dari mereka berpesan kepada si sopir. Katanya, Bo masadia mami komi maile (Nak, besok kalian siap-siap yah),” beber Badri.

    Menurut Badri, ketujuh orang tua itu diduga berasal dari Kebun Kopi, sebuah daerah yang oleh warga Palu kerap menyebutnya sebagai Kota Hilang.

    “Di daerah ini diyakini adanya sebuah kerajaan jin, beraktivitas layaknya manusia. tapi tak tampak secara kasat mata,”

    “Mereka sesekali menampakkan diri dan hanya orang-orang tertentu yang bisa melihatnya,” jelasnya.

    Badri kemudian menjelaskan bahwa pesan dari ketujuh orang tua itu, mungkin ada kaitannya dengan bencana yang menelan korban ribuan orang itu.

    “Yah, mungkin maksud pesannya itu meminta warga Palu bersiap menghadapi bencana yang maha dahsyat ini,” katanya.

    Badri tidak menampik, kalau memang ada banyak kejadian aneh sebelum gempa dan tsunami Palu.

    Misalnya, sore hari sebelum gempa terjadi ribuan burung terbang di atas langit kota Palu.

    “Pokoknya sore itu memang langit jadi hitam karena banyak sekali burung beterbangan. Mereka seperti berkumpul di atas langit Kota Palu,” jelasnya.

    Sebelumnya, sampai dengan Minggu (7/10/2018) pukul 17.00 WITA, jumlah korban tercatat nyaris mencapai 1.944 orang.

    Kepala Penerangan Komando Tugas Gabungan Terpadu Sulawesi Tengah Kolonel Inf. Muh Thohir menjelaskan, 815 jenazah korban bencana dikubur secara massal di Poboya.

    35 jenazah dikubur massal di Pantoloan, dan 1.059 jenazah telah dimakamkan oleh keluarga masing-masing.
  • Runtime : 3:44
  • Cerita Mistis Sehari sebelum Gempa Palu 7 Orangtua Aneh Sudah Berikan Peringatan

COMMENTS: 40

  • FRENKI OLSHOP
    FRENKI OLSHOP   17 hours ago

    Wooy... kamu itu udah akun gak terkenal, subscribe kagak ada suara pakek geogle, acara nya hoax nya juga, udah tidur aja lu goblok

  • Wahyu Aba
    Wahyu Aba   2 days ago

    Klw memang betul itu bararti itu orang dari kota hilang atau disebut kota (wentira)

  • Cahaya SH
    Cahaya SH   2 days ago

    TANTE NI ENAKNYA MULUTNYA DI TUSUK BESI PANAS TEMBUS KE BAWAH.CERITA NGK MUTU.

  • sarif saje
    sarif saje   2 days ago

    Hoak ini... Kenapa gag di videoin langsung si sopir nye.... Pembodohan

  • Aries Vivo
    Aries Vivo   3 days ago

    Kebanyakan ngentot, sumpel mulutnya

  • Putra Putra
    Putra Putra   3 days ago

    Terlalu banyak katanya katanya katanya..

  • Antonius BK
    Antonius BK   3 days ago

    Yang jelas kita doakan agar semua korban diampuni Allah dan dimasukkan dalam Sorganya...Aamiin

  • Ica Sasa
    Ica Sasa   3 days ago

    ternyata..tdk jaman nabi luth saja...Bisa jaman sekarangpun..klw Alloh berkendak..mati lah manusia semua tenggelam

  • Ica Sasa
    Ica Sasa   3 days ago

    dsini tuh tempat maksiat..petobo perjudian..dan aparat pun no comen...palacuran..sekarang ALLAH lah yg berkata KUN...lenyapnyaplah kebanggaan mereka...bertoubatlah hai manusia...apkah masih mau dtenggelamkan lagi..

  • Ica Sasa
    Ica Sasa   3 days ago

    klw kasih berita..pake orang yg bicara NGARTI..anjisss bngett nih bacot

  • Ica Sasa
    Ica Sasa   3 days ago

    saya gk ngerti ini orang dcpake ajh gk ngerti gwe nih orang nge BACOT apa sih ..

  • Iron Heca
    Iron Heca   4 days ago

    Hoak lagi ku lapor polisi ya?

  • KRG GAMING
    KRG GAMING   4 days ago

    enak yaa edit kagak jelas dpt duit

  • 8 unite
    8 unite   4 days ago

    Kebun kopi, wentiraPercaya atau tidak

  • Mario Alexander
    Mario Alexander   4 days ago

    cerita faktanya berawal dari pristiwa poso.#Itu Baru Benar

  • rahmansurya kencana
    rahmansurya kencana   4 days ago

    Kalo bikin Vidio coba dach jgn pkae suara google translet kayak gini jadi pengen muntah dgrnya, mau like juga jadi males gw..

  • AZIMOZA
    AZIMOZA   4 days ago

    Apa cuma gw yg engap denger suara germo?

  • WJG Indonesia
    WJG Indonesia   4 days ago

    bisa gak pakai suara selain GOOGLE ?? pusing dengernye ... pakai suara sendiri lah ... walau jelek , tetep gua apresiasi karya lu ...

  • Syiva Rama
    Syiva Rama   5 days ago

    Tenyata jembatannya patah karena sunami

  • zahirfuddin shah bhari

    masih lagi percaya dengan perkara2 mistik begini... semuanya sebenarnya sudah ketentuan allah.. cukup2lah dengan mengadaikan nama allah untuk memakmurkan nama2 jin2 dan syaitan2...yang mereka juga sebenarnya makhluk allah... wahai para muslimin dan muslimat kembalilah ke dalam islam dengan sepenuhnya... cukup dengan percaya dan yakin hanya atas kekuasaan allah yang maha besar...

  • pelakat. s
    pelakat. s   5 days ago

    tiada yg samar.inilah kamu ne.bila jdi begini pon masih mcm2 lg.silakan.!!.indonesia ada2 sj yg berlaku.terpulag pd kalian.kalau ada gempa jgn nangis.!.berdepan lah.

  • Nur Rosyid
    Nur Rosyid   5 days ago

    Suara gak enak d denger😱😱😱

  • Chlintia Bertin
    Chlintia Bertin   5 days ago

    sekuat ap x n mbhn dg duit x.n......sekuat ap jmbtn itu tetep tdk.bs mlwn allah

  • Erwin T
    Erwin T   5 days ago

    Org Indonesia dgn mistis tololnya.

  • ERZASA
    ERZASA   5 days ago

    Bingung. Suara robot gini kok bisa trending. Yaiyalah. Yg komen banyak 😂

  • udin bsaland
    udin bsaland   5 days ago

    Bagus ditimpuk batu ini emak2 tukang gosip

  • Fam Fam
    Fam Fam   5 days ago

    Gimana sihh ... Mnding pake text aja .. males dengernya jga ... Sumber ?Hoax kah ?