Hal Ini Buat BASARNAS Tak Berani Angkat KM Sinar Bangun Pertimbangkan Keselamatan

  • Published on: 30 June 2018
  • Setelah 12 hari melakukan pencarian, Tim gabungan dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, (Basarnas) berhasil menemukan Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di dasar Danau Toba, Sumatra Utara, Jumat (29/6/2018). Menurut Kepala Kantor Sar Medan Budiawan, penemuan itu berkat penggunaan robot dalam air (ROV).

    Saat ini, tim Basarnas tengah membahas dua pilihan kelanjutan kapal karam itu. Budiawan menjelaskan, pilihan pertama yang mungkin diambil adalah mengangkat kapal meski memakan waktu.

    Kedua, tetap membiarkan kapal dan merelakan jasad para korban tetap di dalam Danau Toba. Jika opsi kedua yang diambil, akan dilakukan tabur bunga untuk mendoakan para korban.

    Ia menjelaskan, opsi kedua itu muncul setelah mempertimbangkan berbagai hal. Salah satunya kondisi Danau Toba yang sangat dalam.

    "Kami harus pikir matang-matang soal keselamatan, bagaimana kami menolong obyek ini. Nantinya opsi ini akan dirundingkan dengan Basarnas, Pemkab, dan keluarga korban," ujar Budiawan, Jumat (29/6/2018) seperti dikutip dari Tempo.co.id

    Geolog lulusan UGM, Yogyakarta Rovicky Dwi Putrohari menjelaskan, Danau Toba adalah kaldera alias lubang kawah. Danau itu terbentuk karena letusan gunung api. Letusan maha dahsyat yang terjadi sebelum ada manusia itu membuat danau itu jadi sangat dalam.

    Rovicky menjelaskan, jasad para korban itu tak mengapung. Sebab, jika korban tenggelam di air dangkal, kira-kira 10 meter, mereka bisa mengambang lagi, Tapi jika tenggelam di kedalaman 400 meter, jasadnya tak kembali ke permukaan.

    Selain itu, dengan air tawar yang memenuhi isi danau itu membuat jasad para korban tenggelam. Sebab berat jenis air tawar lebih rendah dibanding manusia.

    Senin lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap kapal itu bisa segera diangkat jika sudah ditemukan.

    Dengan diangkat, maka jenazah para korban bisa ditemukan dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bisa mengevaluasi penyebab tenggelamnya kapal tersebut.

    "KNKT dapat mengevaluasi apa jenis bentuk rancang bangun kestabilan yang ada pada kapal itu memenuhi syarat atau tidak seperti dikutip dari Kompas.com.

    Di samping itu, dengan diangkat, kapal itu juga bisa diperiksa dari sisi administrasinya. Maka, Budi menilai pengangkatan bangkai KM Sinar Bangun sangat penting.
  • Runtime : 3:6
  • Pengangkatan kapal sinar bangun angkat sinar bangun angkat korban sinar bangun basarnas angkat kapal basarnas angkat korban tenggelam

COMMENTS: 40

  • Sugiono Putra
    Sugiono Putra   2 weeks ago

    Semoga Husnul khotimah bagi korban meninggal dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kekuatan dalam menghadapi ujian ini.aamiin.salam hormat saya buat keluarga korban...

  • PutraPutras Santika
    PutraPutras Santika   21 hours ago

    Kita tak perlu saling menyalahkan pihak manapun.. Ataupun menyesali semua yg tlah terjadi, karena pada hakikatnya setiap manusia mempunyai takdir hidup masing ".. Semoga semua korban ditempatkan ditempat yg paling mulia dlm pandangan allah dan diberi ketenangan didalam kehidupan yg abadi.. Serta semua klrga yg ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran.. Amiiiin...

  • Iama Uzher
    Iama Uzher   1 days ago

    Kalimat di beritanya tidak tepat karena tidak logis dan tidak sesuai teori fisika: "Selain itu, dengan air tawar yang memenuhi isi danau itu membuat jasad para korban tenggelam. Sebab berat jenis air tawar lebih rendah dibanding manusia."Seharusnya yang benar: "Selain itu, dengan air tawar yang memenuhi isi danau itu membuat jasad para korban LEBIH MUDAH tenggelam DIBANDING DI AIR ASIN ATAU DI AIR LAUT. Sebab berat jenis air tawar lebih rendah dibanding AIR LAUT". Berat jenis (BJ) air tawar masih lebih tinggi dari berat jenis manusia, makanya manusia masih bisa berenang dan menyelam di air tawar dan tidak tenggelam seperti batu. Namun BJ air tawar lebih rendah dibanding BJ air laut karena air laut mengandung larutan garam yang lebih berat sekitar 2,5 kali dari pada air tawar. Sehingga manusia lebih mudah mengambang di air laut dibanding di air tawar (ingat Laut Mati yang sangat tinggi kadar garamnya sehingga manusia pun bisa mudah "tidur mengambang" di atasnya). Dengan kata lain manusia lebih mudah tenggelam di air tawar dibanding di air laut.

  • cok aseng
    cok aseng   2 days ago

    Video2 seperti ini seharusnya tidak didukung dan lebih baik jika diberi jempol kebawah, indonesia sudah terlalu banyak menerima info2 standart yang biasa2 aja tetapi dikasi judul yang menggelegar atau dengan tampilan gambar yang wah. Mental2 orang seperti pembuat video ini seharusnya jangan didukung, karna bakal banyak lagi orang2 licik yang punya mental rendahan bermunculan

  • Frona uly
    Frona uly   2 days ago

    Sumpah aku ga bisa nangkap apapun dr judul, gambar, dan isi cerita.

  • Parulian Simarmata
    Parulian Simarmata   2 days ago

    Semakin kalian bikin judul yang aneh aneh tentang danau Toba semakin banyak turis asing datang ke pulau Samosir .. makasih admin

  • agung arioka
    agung arioka   2 days ago

    Suruh ratna satumpaet aja nyelem ksna. Bikin gaduh tuh Emak2. Kasian keluarga korban dan basarnas jg harus bertaruh nyawa.. Semoga keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan

  • Dewa17 Dugem
    Dewa17 Dugem   2 days ago

    Kapan kau akan berhenti menyakitiku, lelah ku hadapi semua ini tapi aku tidak bisa memungkiri aku sangat mencintaimu.Hai teman, jangan lupa Subscribe channel aku juga yah :DNanti aku subscribe balik, Terimakasih.

  • Deva Widi
    Deva Widi   5 days ago

    Mungkin itu faktor karna kapalnya kelebihan muatan..bukan faktor gaib😞

  • Darren Rumahorbo
    Darren Rumahorbo   5 days ago

    Kayaknya kapalnya kelebihan muatan dan ketiup angin juga :(

  • Glorys Viandito
    Glorys Viandito   5 days ago

    Mohon Jangan Nge Gasss hehehe yaa wajar namanya indo pasti banyak yg bawel hahaha

  • Idrus dadi
    Idrus dadi   5 days ago

    Klo ada yg coment miring dan macam2 untuk yg sdh mencari dgn segala usaha Lu aja yg nyelami dan minta ma basarnas alat2nya klo lu jantan dan nggak usah koar2 kayak si nenek pait itu dasar lu............

  • Idrus dadi
    Idrus dadi   5 days ago

    Klo ada yg coment miring dan macam2 untuk yg sdh mencari dgn segala usaha Lu aja yg nyelami dan minta ma basarnas alat2nya klo lu jantan dan nggak usah koar2 kayak si nenek pait itu dasar lu............

  • Dedek Sinaga
    Dedek Sinaga   5 days ago

    Judul berita nya apa???Isi berita nya apa???Anehhhhh

  • batman legend
    batman legend   6 days ago

    mungkin ada godzilla kalau ada gua panggil ultraman aja

  • Bos Odi
    Bos Odi   1 weeks ago

    Ngeri juga ya subscribe back bAng

  • Aulia '
    Aulia '   1 weeks ago

    otomatis danau toba jadi kuburan mreka...kalau tidak di angkat dan pariwisata jadi mnurun omset...akibat tambah seremnya danau toba

  • A.K CH
    A.K CH   1 weeks ago

    Mohon maaf, koreksi, suaranya jangan google voice donk, gak jelas jadinya

  • Prama Dika
    Prama Dika   1 weeks ago

    SAYA YANG NAIK KAPAL SINAR BANGUN PAS TENGELAM ITU SEBENARNYA SAYA MAU LOMPAT TAPI PAS LIHAT KE BAWAH SANGAN DALAM KIRA 2 500M LAH DAN SAYA SELAMAT DARI TENGGELAMMYA KAPAL SINAR BANGUN PAS SAYA DI ATAS KAPAL ADA TIM BASARNAS YANG DATANG DAN SAYA DI BAWA KE DARAT SAYA DI BAWA KE RUMAH SAKIT KARENA LUKA PARAH KAKI SAYA ROBEK SEDIKIT KARENA KENAK BALING BALING SEDIKIT

  • Hello J222
    Hello J222   1 weeks ago

    Gambaran nya udah bagus Tpi suara cewe nya haduhhh -_-

  • Jajuli Hermawati
    Jajuli Hermawati   1 weeks ago

    kasihan keluarga korban korban masih blm ditemukan saat ini

  • Dimas Anggara
    Dimas Anggara   1 weeks ago

    Dari dulu aku berpikir coba sebelum naik kapal sudah di siapkan pelampung per orang,jika sudah tiba.. Di kembalikan lagi itu pelampung,kan biar enak gitu.. Pas lagi saat"nya kapal mau tenggelam tinggal melarikan diri ke atas,jadi gk usah lagi nyari pelampung atau gk kebagian dan kapasitas kapal di lihat dulu sebelum berangkat... Itu menurut aku sihh