Pandangan Hukum Prof. Andi Hamzah Soal Kasus Ratna Sarumpaet || ILC (9/10/2018)

  • Published on: 09 October 2018
  • Indonesia Lawyers Club #ILC 9 Oktober 2018 mengangkat tema "Di Balik Drama Hoax Ratna Sarumpaet"

    Aktivis #RatnaSarumpaet telah ditahan oleh Polda Metro Jaya sejak Jumat malam, 5 Oktober 2018. Dia telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penyebaran berita bohong atau hoax terkait penganiayaan dirinya.

    Ratna tampak keluar dari ruang pemeriksaan pada pukul 00.10 WIB, Sabtu 6 Oktober 2018, mengenakan baju oranye tahanan Polda Metro Jaya. Merespons keputusan penahanannya oleh polisi, Ratna mengatakan bahwa itu adalah risiko dari apa yang telah dia perbuat.

    "Enggak apa-apa ini sudah risiko," ujar Ratna kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Sabtu dini hari, 6 Oktober 2018.

    Perempuan berumur 70 tahun tersebut sebelum dimasukkan ke rumah tahanan Polda Metro Jaya harus menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu di Gedung Biddokes Polda Metro. Tak berlangsung lama, ia kemudian kembali dibawa ke Gedung Ditreskrimum.

    Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengakui bahwa Ratna masih terancam pidana atau kurungan penjara selama 10 tahun. Hal itu sesuai dengan Undang-undang dan Pasal yang dikenakan kepada Ratna yakni Pasal 14 Undang Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 jo Pasal 45 Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE.
  • Runtime : 15:17
  • tvone tv one tvonenews indonesia lawyers club ilc indonesia lawyers club tvone ilc tvone karni ilyas ilc tv one debat dialog ratna sarumpaet ratna sarumpaet bohong ratna dianiaya ratna di ilc prabowo amien rais jokowi

COMMENTS: 40

  • Anton TRW
    Anton TRW   4 weeks ago

    Perlunya pihak POLRI menyelidiki apakah mereka yang melakukan penyebaran berita tersebut tahu bahwa itu bohong....Dugaan saya ada kemungkinan mereka tahu dan sengaja mempolitisasi peristiwa bohong tersebut...

  • barumimi barumimi
    barumimi barumimi   1 months ago

    Kalau memenangkan masalah hukum RS tidak akan kondang karena masih banyak kasus yg lebih gedek yg harus diungkap sampai saat ini diam jalan ditempat. Barang siapa berjanji gak ditepati iku masuk pasal Piro pak kok.gak ada pasar hehehe.

  • Elviana Jeslyn Manihuruk130698

    Haduh komen nya nya gk ada yg enak Ingat kita pake logika ??Anda saja d pukul mau lapor pasti kita fisumbukan asal ngaduDan niat nya sih ingin menegakkan kan keadilan dan sehingga menjadi senjata nya untuk menyerang pemerintahHingga d konfersipersDan minta maaf.Ahok ngaku salah minta maaf D penjara Harus adil

  • Jao Tegar
    Jao Tegar   1 months ago

    tetap yg bkl mnang prsiden 2019 prabo... itu hanya ktakutab ajj... jd pngn lawan kotak kosong...

  • Jao Tegar
    Jao Tegar   1 months ago

    tetap yg bkl mnang prsiden 2019 prabo... itu hanya ktakutab ajj... jd pngn lawan kotak kosong...

  • Aqus Pertano
    Aqus Pertano   1 months ago

    Bubar2.....kasus udah.ngaku pelakunya og di bahas terus....buang2 wkt

  • Boby Gaol
    Boby Gaol   1 months ago

    Menurut saya, Dengan berlakunya uu. No. 73/1958 sampai skrg ttg menyatakan berlakunya uu no. 1/1946 ttg peraturan hukum pidana di seluruh indonesia berarti :1. Berlakunya kuhp versi belanda yg telah direvisi dan dilengkapi oleh uu no. 1/1946 di seluruh indonesia2. Itu berarti semua isi (pasal) dari uu no. 1/1946 sudah berlaku3. Pasal 14 dan 15 dalam uu no. 1/1946 dapat diterapkan dalam penyidikan kasus hoax RS dkkTanggapan saya terhadap pendapat prof. Andi hamzah : lho koq bisa masih dipertanyakan oleh beliau terkait pasal 14 dan 15 uu no. 1/1946 berlaku atau tidak nya, padahal sudah dinyatakan oleh uu. No. 73/1958 ttg berlakunya uu no. 1/1946 sbg peraturan hukum pidana di seluruh indonesia. Apa yg menjadi dasar dari pendapat prof. Andi hamzah mempertanyakan keberlakuan pasal 14 &15 ? 🤔

  • Dede Oke
    Dede Oke   1 months ago

    Hukum manusia ga akan pernah sempurna, selalu ada salah, selalu ada celah, dan ga akan murni jika ga ada kejujuran dan keadilan didalamnya karena ada hawa nafsu yang bermain 😊

  • Ardi Asta
    Ardi Asta   1 months ago

    kubu prabowo yg berkomentar disini menunjukan semua pernyataan pengamat bisa dipolitisasi sma mereka, pendukung sma junjungan sma aja sma2 ahli melintir kata2 seperti fadli zon dan fahri hamzah

  • Mura Gedi
    Mura Gedi   1 months ago

    Itu ada revisi tahun 2016 27 ayat 3 atau 28 ayat 3 kalau tidak salah

  • Abdee Rayyan syazwan
    Abdee Rayyan syazwan   1 months ago

    Baru tau gw kalo pak andi ini profesor.gw pernah suruh jemput beliau dri rumahnya ke kantor.liat di ILC baru nyadar gw😁😁😁

  • Irawan Technik
    Irawan Technik   1 months ago

    Pandai berkelit loe pada ...Udh tau salah msih aja berkelit...Bobrok gk pda waras...

  • Jojo Kini
    Jojo Kini   1 months ago

    Om murni hukum tapi tujuanya umtuk menjatuhkan seseorang yang akan beryanding ke pilpres, apa itu fair dan tidak hamya transaksi elektronik saja tamg dirugiksn tapi pihak jokowi juga dirugiksn, prof bilang ga kenal prabowo cuma hamzahmya saudara kikikik... masih bela2an wajar prof

  • Inggrisisasi
    Inggrisisasi   1 months ago

    PAS BELUM KETAHUAN KOAR KOAR, PAS KETAHUAN MALAH BILANG KUBU JOKOWI MAU GORENG KASUS INI. OY KAMPRET GOBLOK, KAN KUBU ELU YANG BOHONG, KATANYA KUBU AGAMIS TAPI BOHONG, DONGO!

  • Ragit Dwi Pradana
    Ragit Dwi Pradana   1 months ago

    PIKIRIN LAPINDO WOY LAPINDO!! Tanggul udah bocor apa kabar TV ONE ga mau bahas lapindo

  • Cara Me
    Cara Me   1 months ago

    Pengin Komen tetapi takut dikeroyok oleh Cebong dn Kampret

  • Mamad Mamad
    Mamad Mamad   1 months ago

    Baru tau berarti hukum indonesia itu hukum pidananya hukum belanda

  • Khairil Anwar
    Khairil Anwar   1 months ago

    Reine Rechtslehre adalah sesuatu yg tdk mampu dimanipulasi, mau sehebat apapun kebohongan membungkusnya kebenaran akan tetap menemui jalannya.. 2 jempol utk Prof. Andi Hamzah 👍👍

  • WOLES channel
    WOLES channel   1 months ago

    Prabowo makin kuathttps://youtu.be/B1klYfZD2wY

  • Rahmad Abdullah
    Rahmad Abdullah   1 months ago

    Rezim ini sdh diperalat keadilan sdh tidak lg di tegakkan...rezim ini sdh dikuasai manusia2 munafik...ya alloh jauhkanlah kami dari pemimpin yg dzholim dan berikanlah km pemimpin yg adil .

  • Pemberontakan PRRI/Permesta

    Ayo kalo mau masuk surga pilih nomor 2, konci sorga di mereka, Kalau kalian tidak pilih kalian semua kualat kena azab, sudah sah yang mulia tersuci nopel bakbukbakbukngimin bersabda, kalo mau masuk surga harus pilih nomor 2, Konci sorga dan kapling sorga sudah ada pada partai partai suci, camkan kalian 😇😇😇😇😇😇😇

  • Rusdhi 86
    Rusdhi 86   1 months ago

    Hukum tetap berlaku buwat indonesia , psti ad orang di blik kbhongan bu ratna

  • Bajul ijo
    Bajul ijo   1 months ago

    Penjelasan prof mahfud md lebih gamblang.https://youtu.be/ckhMT6Vdi-Y

  • Romeo Romeo
    Romeo Romeo   1 months ago

    intinya ; ratna (pelaku) dengan lisannya mengakui kesengajaan berbohongberbohong utk tujuan apa?itu yg perlu di kaji

  • Yoyoh Andriyani
    Yoyoh Andriyani   1 months ago

    yg komen bantah prop... terus mang dukung alfatekah entar yg dukung alfatekah ada balasannya di kemudian hari

  • Aldi Pangestu
    Aldi Pangestu   1 months ago

    Polisi harusnya malu...dengerin dan baca dngan teliti itu buku pedoman perundang undangan...jngNgan ngaco ngikuti asumsi otaknya sendiri...dasar rezim payah gak mutu...

  • Lor Nefisa
    Lor Nefisa   1 months ago

    dari kasus ratna kita teredukasibetapa gesit'y POLRI kalo mengusut masalah " yg kontra pemerintah" 😴😴😴

  • Usock Sentra
    Usock Sentra   1 months ago

    tidak segampang itu Prof,.....Lha Bagaimana seandainya perbuatan tersebut,..mengakibatkan kerugian bagi orang lain dan menimbulkan keresahan,...dan rasa tidak percaya,...dan kenyataannya di medsos,....banyak yang menyampaikan tersebut tidak mengetahui keabsahan berita tersebut

  • Bisa Edan
    Bisa Edan   1 months ago

    opini situ prof ngawur, ganti prof hukum yg lain jawabannya jg lain,,masa nunggu kerusuhan terjadi baru bisa kena pasal prof apa itu

  • AYE LEYMAKALI
    AYE LEYMAKALI   1 months ago

    mantap ProfSaya sangat setuju dengan pemahaman Prof Andi Hamzah

  • De santanu
    De santanu   1 months ago

    ok... tunggu pembuktian..apakah betul sarumpaet hanya bekerja sendiri atau ini hoax yg dibuat secara sistematis untuk menghancurkan pemerintahan.. tapi gagal total... lets see.. oiya.. HP sarumpet sudah disita...

  • Agus Makhfudz
    Agus Makhfudz   1 months ago

    Matur nuwun prof, semoga semakin cerdas rakyat Indonesia

  • jilan fauzi
    jilan fauzi   1 months ago

    https://muhamadjilanfauzi.blogspot.com/2018/09/surat-buat-kaum-elite-politik-juga-alim.html